PAY-PER-CLIK

Penyakit Kutil Kelamin Merebak di Solo | Agustus 25, 2008

Perkembangan virus penyakit menular seksual atau PMS jenis kutil kelamin atau genital wart yang menyerang alat kelamin lelaki dan perempuan di wilayah Surakarta dan sekitarnya sangat pesat. Hanya dalam waktu lima tahun, pasien jenis penyakit ini yang berkunjung ke Poliklinik PMS Rumah Sakit Umum Daerah Dr Moewardi, Surakarta, meningkat sangat tajam.

Pada tahun 2003, jumlah pasien jenis penyakit ini yang berkunjung ke Poliklinik PMS RSUD Dr Moewardi berada pada urutan ke-78. Namun, pada tahun 2007, jumlah pasien jenis penyakit ini masuk menduduki urutan ketiga penyakit. Jumlah pasien penyakit ini sekitar 20 persen dari PMS lainnya.

Demikian disampaikan dr Prasetyadi Mawardi SpKK, spesialis kulit dan kelamin dari RSUD Dr Moewardi yang juga Ketua Simposium Nasional Perkembangan Mutakhir Infeksi Menular Seksual di Hotel Novotel, Solo, Sabtu (23/8).

”Kalau dulu hanya dikenal PMS klasik sifilis dan GO yang kebanyakan karena infeksi, tetapi sekarang trennya berubah. PMS lebih banyak diakibatkan oleh virus dan susah diobati,” ujarnya.

Menurut Prasetyadi, selama lima tahun terakhir ini, virus yang menyebabkan kutil kelamin berkembang dan menyebar dengan cepat. Pasien yang datang berkunjung ke Poliklinik PMS RSUD DR Moewardi dari tahun ke tahun terus bertambah, menembus urutan ketiga jumlah pasien PMS di poliklinik tersebut.

Jumlah pasien terbanyak pertama dan kedua adalah jenis infeksi candida (penyakit keputihan karena jamur) dan infeksi chlamidia (penyakit keputihan akibat bakteri sifat virus). Sayangnya, berapa jumlah pasien PMS kutil kelamin yang datang ke poliklinik, Prasetyadi tidak ingat persis.

Penyebaran virus kutil kelamin begitu cepat karena kekebalan tubuh orang berkurang. Akan tetapi, yang pasti, penyebaran PMS jenis tersebut juga dipicu oleh perilaku seks bebas.

WWW.KOMPAS.COM


Ditulis dalam berita
Tags: , ,

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About author

The author does not say much about himself

Cari

Navigasi

Kategori:

Links:

Archives:

Feeds

%d blogger menyukai ini: