PAY-PER-CLIK

Audisi Ketika Cinta Bertasbih | Juni 7, 2008

kompas/nmpAudisi untuk mencari lima orang pemeran film Ketika Cinta Bertasbih (KCB) segera dilaksanakan di sembilan kota dan dijadwalkan berlangsung selama satu bulan, dimulai sejak 14 Juni dan berakhir pada 13 Juli 2008.

“Kita ingin mencari lima pemain yang tepat untuk memerankan tokoh Azzam, Eliana, Furqon, Anna dan Husna,” kata Produser SinemArt Pictures Heru Hendriyarto, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis, tentang film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Habiburrahman El Shirazy.

Kota-kota yang ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan audisi ialah Surabaya, Medan (14-15 Juni), Padang, Yogyakarta (21-22 Juni), Semarang, Pontianak (29-30 Juni), Bandung, Makassar (5-6 Juli), Jabiodetabek (10-13 Juli).

Lima calon pemeran utama akan dipilih langsung oleh Habiburrahman El Shirazy alias Kang Abik sendiri selaku penulis novel KCB, Chaerul Umam (sutradara), dan satu tim juri. Tim juri terdiri dari Didi Petet, Neno Warisman dan Deddy Mizwar.

Namun agaknya sedikit atau banyak muncul perbedaan pandangan terkait audisi ini. Neno Warisman, misalnya, menurut laporan Antara artis senior itu mengatakan, “Audisi ini bukan hanya mencari calon bintang film semata tetapi juga sosok yang saleh di dalam maupun di luar film.”

Berbeda dengan Neno, Didi Petet mengatakan bahwa bakat akting adalah hal utama. “Bagi saya bakat adalah yang utama, baru kemudian dilihat persyaratan lainnya,” katanya.

Sementara itu peserta audisi sendiri harus memenuhi syarat, yakni berjenis kelamin laki-laki dengan batasan usia 18-30 tahun dan perempuan antara 16-25 tahun. Mereka juga harus WNI dan dapat berbahasa Indonesia dengan baik, memahami isi novel KCB, berpenampilan menarik dan profesional, dapat membaca Al Quran, dan tidak terikat kontrak dengan pihak lain.

Namun Chaerul Umam mengatakan bahwa penyelenggaraan audisi tidak menutup peluang bagi mereka yang telah menjadi bintang film. “Aktor dan aktris yang sudah ada di pasar tetap bisa ikut main, tetapi harus melalui audisi. Kita tidak membeda-bedakan,” katanya.

Mimpi postif
Audisi 5 bintang film KCB merupakan langkah ketiga yang dilakukan SinemArt dalam menyiapkan produksi film tersebut. Sebelumnya, mereka telah melakukan pendekatan ke bebarapa organisasi Islam, termasuk PP Muhamadiyah dan MUI, dan kemudian melakukan survai ke kota Kairo dan Alexandria, Mesir.

“Kegiatan survai sudah selesai dan kami pun sudah mendapatkan ijin untuk syuting di beberapa lokasi di kedua kota tersebut,” kata Heru.

Menurut Chaerul Umam, semua upaya yang telah dilakukan SinamArt menunjukkan bahwa mereka tidak main-main dalam rencana pembuatan film dakwah itu.

Bahkan Didi Petet menyatakan bahwa rencana pembuatan film KCB adalah mimpi semua orang yang ingin menghadirkan sebuah film yang baik, bukan hanya dari sisi cerita, melainkan juga keteladanan para aktornya. Ia mengakui persyaratan yang harus dipenuhi calon pemain dapat dikatakan sangat berat, namun semua itu masih dimungkinkan.

“Calon yang terpilih nanti akan masuk ke masa pelatihan, dan tim juri pun akan mendampingi mereka. Selain itu, tetap saja KCB ini sebuah film. Film adalah hal magis, bisa mengubah A ke Z dan Z ke A,” katanya. “Yang penting mimpi positif ini harus kita upayakan bersama agar terwujud,” tambahnya.

Sementara itu, Neno Warisman menyatakan bahwa tim juri juga punya “kriteria-kriteria tersembunyi” untuk mendapatkan calon yang sedapat mungkin sesuai yang diinginkan.
“Dari 30 juta anak muda di Indonesia, saya yakin dapat mencari lima yang terbaik untuk film Ketika Cinta Bertasbih,” katanya.


24 Komentar »

  1. Ass.Wr.Wb.
    Para juri yang terhormat,
    apa sajakah kriteria-kriteria dalam audisi kcb?
    apakah cantik atau ganteng parasnya itu syarat utama?
    Lalu apa sajakah tes yang akan diberikan kelak?
    mohon tanggapannya.
    Jazakumullah.
    Wass.Wr.Wb

    Komentar oleh Maziyah Assegaf — Juni 11, 2008 @ 4:55 am

  2. sayang sandra dewi non islam. pdahal waktu baca KCB, untuk figur eliana, langsung kebayang sandra dewi. tpi perasaan di novelnya memang ga’ ada adegan sholat untuk eliana

    Komentar oleh arman kajang — Juni 11, 2008 @ 2:09 pm

  3. yah mas ku juga benernya udah terbyang sandra dewi tapi karna itu deh agama kan syartnya harus bisa baca al-quran sayang nya di beda keyakinan tapi udalah mungkin ada pemeran yang laen yang lebih baik

    Komentar oleh collonies — Juni 12, 2008 @ 2:43 am

  4. Sinemart membuka audisi karena hanya ingin melibatkan pembaca dan diatambah dengan yang sebelum nya saya komentar

    Komentar oleh collonies — Juni 12, 2008 @ 2:58 am

  5. Bu Neno kok saya ga di panggil2 ya?atau………..?

    Komentar oleh bimasakti — Juni 15, 2008 @ 8:27 pm

  6. syaratnya harus single gak? suamiku pengen juga ngikut.

    Komentar oleh wong jowo — Juni 16, 2008 @ 7:57 am

  7. Buat temen2 alumni audisi KCB surabaya yang pengen update n tetep intouch dg yang lain, silahkan add FS atau kirim biodata ke email dan_brankas (at) yahoo.com

    Komentar oleh Danny — Juni 16, 2008 @ 10:55 pm

  8. alhamdulillah akhirnya langkah menuju impian sjk kecil sudah di depan mata,moga ini bs tercapai lewat audisi 5 bintang film utama.dan moga aku bs lulus nanti tuk audisi mnjd husna.jg moga cita2 ku tuk mnjd bintang bs tercapai.ingin ku bahagiakan orang tuaku dg sinar yang tlah ku dapat dan ku raih.amiiin.

    Komentar oleh nisa ayu khumairah — Juni 19, 2008 @ 2:36 am

  9. kata istriku, yg paling cocok memerankan khairul azzam adalah aku bukan yg lain. sayang aku sdh…

    Komentar oleh apiqquantum — Juni 19, 2008 @ 6:55 am

  10. kalo PNS boleh ikut audisi n main filmnya ga?
    kan ada cuti penting, bisa pake cuti itu sbg alasan.
    Aku pengen ikut ta aq PNS mungkin ga ya….?

    Komentar oleh nila — Juni 19, 2008 @ 9:16 am

  11. Ass… sebenarnya audisi ini sangat bagus ya.. artinya kita di berikan kesempatan untuk bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri kita. klu di pikirkan cukup memanggil artis2 aja yang sudah beken sperti AAC kemarin… muda2han saya bisa lolos.. Amin.

    Komentar oleh La Ode Muslimin — Juni 19, 2008 @ 12:48 pm

  12. pgn ikt nch audisi na….tp buat yg d jakarta gmn cr na ya???

    Komentar oleh dinie — Juni 19, 2008 @ 2:03 pm

  13. apa hanya lima peran itu yang dicari? apakah tidak ada kesempatan lain apabila dalam audisi tersebut belum memenuhi kriteria 5 peran tersebut, untuk memerankan peran yang lainnya.. agar dunia perfileman indonesia tidak hanya itu – itu saja para pemerannya agar lebih ada kesempatan pada yang lainnya..

    Komentar oleh ama — Juni 19, 2008 @ 4:59 pm

  14. bagaimana persyaratan audisi ini apakah yang sebenarnya harus ditonjolkan apakah keahlian membaca alqurannya apa fisiklah yang lebih ditonjolkan?

    Komentar oleh khairun ni'mah — Juni 20, 2008 @ 6:13 am

  15. wih klo kita lbaca kata pak dedi petet yang penting bisa baca alquran soal dari peran bakal digodok dulu ma dia jadi kita bisa ikutan ni benrnya saya juga pengen jadi artis tapi tampang ku pas-pasan :))

    Komentar oleh collonies — Juni 21, 2008 @ 2:52 am

  16. Semoga Audisi KCB ini dapat melahirkan Para Penyeru Agama Islam yang sejati & semoga tidak hanya saat Syuting saja, Amiiin…

    Komentar oleh hariroh — Juni 22, 2008 @ 12:13 pm

  17. ia mas, mang bener collonies.wordpress.com

    Komentar oleh collonies — Juni 23, 2008 @ 6:53 am

  18. aku tertarik dengan jalan cerita film ini and belum2 aja aku dah merasa sebagian dari film itu karena aku ngerti banget gimana rasanya jadi khomairah…disamping itu aku juga seorang mualaf yang merasakan banget indah dan pahitnya memeluk agama ini. ingin sekali ikut audisi apalagi aku adalah orang teater yang pernah share bareng dengan mas didi pete waktu di magelang jateng, tp sayang umurku ga masuk untuk ikut audisi.. aku dah 33th tapi fisikku imut2 lho, ga keliatan kalo dah 33, hehe.. mau bohong masalh umur agar bisa ikutan audisi, tapi ga berkah lagi ntar… ahh…seandainya ada pengecualian, aku akan senang sekali. minimal bisa menunjukkan kualitas akting aku di depan para juri. insya Alloh ga mengecewakan… but is it a dream only???

    Komentar oleh dea — Juni 25, 2008 @ 10:30 am

  19. sepertinya terlalu di besar²kan,,, film nya juga blom tentu bagus promosi nya dah wahhh

    Komentar oleh zoel chaniago — Juni 28, 2008 @ 11:11 am

  20. ass.memang novel best seller ini bagus. dan pendapat saya film yang nanti akan diluncurakan ingin mendapat kriteria yang sepadan untuk para pemainnya.ya dengar2 film ayat-ayat cinta banyak yang protes baik pemainnya atau pun akting mereka dengan yang bukan muhrimnya.meskipun baru pertama kali ikutan nimbrung di sini, aku ingin mencoba audisi …

    Komentar oleh nurani fauziah hidayatullah — Juni 28, 2008 @ 11:47 am

  21. walaikum salam semoga filmnya bukan hanya tontonan yg menghibur tapi ada tuntunan buat kita yang baik🙂

    Komentar oleh collonies — Juni 28, 2008 @ 12:34 pm

  22. yang namanya sebuah produk ya begitu deh promosi mang harus ada😀

    Komentar oleh collonies — Juni 28, 2008 @ 12:35 pm

  23. saya berharap film ini menjadi film yang bermutu bukan hanya dalam bahasa sinematografi saja, tapi .juga dalam masyarakat, bertanggung jawab atas peran yang didapat. bukan hanya dilayar melainkan dalam dunia nyata juga. maju film islami, semoga menjadi makanan rohani di masa kini. amin

    Komentar oleh lulu_jingga — Juni 28, 2008 @ 4:58 pm

  24. saya mau tanya donk dimana tempt untuk audisi ketika cinta bertasbih yang diselenggarakan di JABODETABEK. . . mohon informasinya . . .karena saya termasuk dari peserta audisinya

    Komentar oleh suci — Juli 7, 2008 @ 3:05 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

About author

The author does not say much about himself

Cari

Navigasi

Kategori:

Links:

Archives:

Feeds

%d blogger menyukai ini: